bienvenu!

bebas tapi sopan!!!

22/01/10

menjadi Penulis...

Penulis... sebuah profesi yang cukup menarik bagi kebanyakan orang. Tapi, mengapa mereka ingin menjadi penulis? sedangkan minat untuk membaca sangat minim di Indonesia. tentu secara komersial bukan sesuatu yang bagus menjadi penulis. mungkin akan ada juga yang berpendapat bahwa semua yang pernah makan bangku sekolahan adalah penulis, sehingga muncul kesimpulan bahwa menjadi penulis adalah sesuatu yang mudah.
Perlu diketahui (hanya pendapat pribadi yang berbekal sedikit ilmu namun kebanyakan insting. hehe), masalah yang paling menonjol dari pendapat-pendapat yang telah saya sebutkan sebelumnya adalah hal penting yang selalu disepelekan oleh kebanyakan orang, yaitu makna dari sebuah kata atau lebih umunya "Bahasa Indonesia".
berkaitan dengan pendapat yang mengatakan bahwa mereka yang pernah makan bangku sekolahan adalah penulis. Mereka telah keliru membedakan apa itu "penulis" dan "menulis". Karena yang kita lakukan di sekolah hanyalah menulis apa yang ada di papan tulis atau yang diucapkan oleh guru/ dosen.
Lalu apa bedanya dengan "penulis?
Penulis adalah seseorang yang menulis (sama aja donk?!! @_@). Yang membedakannya adalah apa yang ditulis. anak sekolahan hanya menulis sesuatu yang sudah ada, atau lebih tepatnya mencatat. sedangkan penulis, mereka menuliskan apa yang ada di dalam pikiran mereka (ide) yang belum pernah dijadikan tulisan oleh orang lain sebelumnya. sebab jika tulisan itu sudah ada sebelumnya, itu namanya mencontek/ menjiplak. mungkin saja ada dua orang atau lebih yang memiliki ide/ pemikiran yang sama. tapi belum tentu semuanya memiliki bakat dalam menuangkannya ke atas kertas putih.
belum selesai... masih ada perbedaan lain dari seorang penulis, yaitu :
predikat dari orang lain (pembaca). banyak sekali orang yang telah menuliskan ide-ide mereka. baik itu dalam bentuk cerita pendek, novel, artikel, dan lain-lain. Namun mereka menyimpannya sendiri. hanya untuk dinikmati secara pribadi. adapula orang-orang yang sudah berani mempublikasikan tulisan mereka. Namun tidak adanya orang lain yang membaca tulisan mereka. "adanya penulis karna adanya pembaca".
Demikian sekejap tulisan dari saya, seorang tukang menulis dari SD-Kuliah... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar