bienvenu!

bebas tapi sopan!!!

12/02/10

Dayri’s Tale

(Kisah Kesihari-harian)

Bila dilihat dari judulnya, mungkin akan ada banyak cekalan, hujatan, atau mungkin pertanyaan (buat orang2 yg sama ga ngertinya grammaire bahasa inggris kaya gw. ^.^). Dengan berat hati, saya sebagai penulis hanya mengandalkan insting saya dalam memilih kata-kata dalam bahasa inggris….%&(Q&*^%_Q!(%
Akan tetapi, dengan sedikit ilmu yang saya dapat di bangku sekolahan (tetep banyakan instingnya sih hehe), secara garis besar jeroan-jeroan tulisan ini. Secara sadar atau tidak sadar, anda akan memiliki kesimpulan kalo judul buku ini 100-200% ga nyambung… T.T
Okelah, di sini saya akan menjelaskan silsilah/ history/ sejarah dari judul tulisan ini. *serius mode on.
Awal mula ide dari tulisan ini tercipta ketika mendengar kata “diary”. Ketika saya pilah kata itu secara garis tuun-temurun, tenyata “diary” adalah sesuatu yang sangat dipercaya oleh banyak orang (khususnya para wanita) ketika mereka ingin mencurahkan apapun perasaan mereka. Tapi saya sebagai seorang yang kritis, tidak mudah begitu saja menerima yang namanya “diary”. (ini bukan curhat loh!)
Buat saya, “diary” memang sesuatu yang sangat menarik untuk ditinju ulang… (jah..pake ketinggalan lagi huruf “a”-nya. *ditinjau). “diary” memiliki sifat yang fleksibel. Dia adalah sesuatu yang sangat berharga bagi orang yang menulisnya. Namun ketika sampai di tangan orang-orang yang jahil, itu hanya akan menjadi sebuah lelucon. Perhatian!! Membaca “diary” milik orang lain bisa menyebabkan rasa ingin tahu kronis. Jadi jangan pernah mengintip yang namanya “diary”!!!
Dikarenakan saya bukan orang yang cukup melankolis untuk membahas/ membuat sebuah “diary”, makanya saya alihkan menjadi “dayri’s Tale”. Kata “dayri’s” merupakan plesetan dari kata “daily” (bener ga sih tulisannya begini?? @_@) yang berarti keseharian. (buat kalian yang kurang waras pasti ngerti donk maksud saya. J). So, jangan heran kalo isinya bakal dikerumunin sama cerita-cerita yang durasinya ga akan lebih dari 1 x 24jam (lebih dari itu harus lapor RT setempat, bro.!! males banget kahn?!!).
Semua yang ada di dalam cerita ini bersifat fiktif. Properti yang digunakan dari bahan lunak. ( lagi trend soalnya di tipi-tipi tulisan-tulisan kaya gini. Hehe..)

Episode 1:
Bass Way
Dear diary,
(ceritanya ini tentang seorang wanita yang mo nyeritain kesehariannya)
Sabtu, 09.45 wib : terbangun gara-gara lemparan granat dari seorang pemberontak. ( tenang bro !! ledakannya cuma di dalem TV ko. Nih cewe sengaja ngatur Tv-nya nyala pas jam segitu. Apesnya… pas nyala tuh TV yang nongol film perang dengan volume hampir maksimal. Jelas aja tuh cewe kaget, langsung lari ke kamar mandi. Ternyata ada ya orang yang kaget trus langsung “pup”).
Nah… setelah selesai urusannya di kamar mandi, trus diomelin ibu kosan gara-gara bikin keributan di pagi hari (suara TV-nya itu), akhirnya si tokoh utama bersedia menceritakan kisahnya sendiri. Waktu dan tempat saya persilahkan…
Terima kasih sodara penulis dan selamat siang pembaca!! Gw adalah salah satu mahasiswi di salah satu Universitas Negri di Bandung. Oia, nama gw Ira. Gw suka banget maen musik, khususnya bass guitar. Dikesempetan yang berbahagia ini, gw pengen berbagi sedikit kisah sama lo semua. Selamat menyaksikan!
Rabu, sepuluh tahun yang lalu. Dengan panik gw terbangun dari kasur terus ke kamar mandi deh (Hampir sama kejadiannya kaya pagi ini. Hihi…). Pasalnya, siang ini bakal ada ujian kesenian. Dan ini merupakan kesempatan gw untuk mendapatkan nilai. Sebab sebelumnya gw selalu bolos. Kenapa? Karena gw buta sama sekali sama kesenian, khususnya musik. Nah, sialnya ujian hari ini adalah memainkan salah satu alat musik sambil bernyanyi. Gubrakk.. %&@_%^@
Dengan sedikit curhat ke orang-tua, gw langsung ke rumah om gw yang bisa dibilang musisi. Konon, dia suka koleksi alat-alat musik walaupun sebenarnya cuma bisa main gitar doank. Tapi emang dasar gwnya yang ga punya bakat apapun di bidang musik, wajar aja gw tetep panik pas sampe sana. Karena gw bingung mau mainin alat musik apa. Suling ? kayanya susah deh main suling sambil nyanyi. Piano? Lupain aja!!! om gw ga bakal ngizinin buat ngebawa tuh piano ke sekolah. Gitar? Sempet sih terlintas, tapi ga bisa sama sekali. Om gw yang bisanya cuma maen gitar sih nawarin diri buat ngajarin. Hasilnya, baru 10 menit latihan, air mata gw udah netes ga kuat nahan sakitnya ujung jari-jari gw. Akhirnya om gw nyerah. Apalagi gw!!! What the Hell!!! ups… anak SD ga boleh ngomong kasar y?! sori, lupa diri nih. Fufufu…
Gw udah mandi, nyiapin peralatan sekolah, pake seragam sekolah, malak nyokap gw (biasalah uang jajan). Akhirnya, gw putuskan berangkat sekolah. tentunya dengan membawa satu alat musik yang terpaksa harus gw mainin nanti di kelas, yaitu : piano kecil gw yang besarnya hampis sama kaya kotak amal di mesjid. Emang sih gw ga jago maininnya, tapi setidaknya gw tau yang namanya urutan nada : do, re, mi, dan kawan-kawan. Rencananya, gw mau nyanyiin “Ibu Kita Kartini”, karna lagu pop ga ada panduan nadanya di buku kesenian gw. Lumayan lah tadi dah latihan dua kali sebelum mandi. Walaupun gw yakin pasti bakal berantakan hasilnya, gw harus tetap melewati ujian ini. Kalo masalah nilai, gw dah nyiapin jurus andalan donk, yaitu : “PASRAH PADA ILAHI”. T_T
Sekolah gw lumayan jauh dari rumah. Biarpun gw dikasih ongkos buat naek bajaj, gw lebih suka naek bis. Tentunya lebih murah. Dan di bis, gw bisa nemuin macam-macam keunikan, keributan, ketakutan, dan… kelewatan dah bisnya. Musti nunggu lagi deh. Huftt!!
10 menit kemudian, gw dah duduk di bangku tengah bis yang bakalan nganterin gw. Ngga lama, ada satu bencong naek dengan niat ngamen. Setelah gw perhatiin, tuh orang terpaksa jadi bencong. Dandanan sih udah poll abis : pake make-up, gaun, sepatu hak tinggi. Tapi ko suaranya kaga berubah, nge-Bass abis. Ckcckck… pas saat itu juga jalan hidup gw sedikit melenceng ke tenggara. Gw dapet pencerahan pas ngeliat alat musik yang dia maenin. Biasanya kita nyebutnya “Bas Betot”. Dalem hati gw, “akhirnya gw bisa lulus nih ujian kesenian”. Ko bisa? Soalnya tuh alat gampang banget maeninnya : senarnya cuma tiga (bukan senar juga sih. Xixixi…), trus maeninnya cuma dibetot doang satu persatu. Tuh bencong aja bisa maenin tuh alat sambil nyanyi sambil ngupil dan garukin panunya pake tangan kiri. Emang dewi fortuna masih saying sama gw. Biarpun mepet waktunya. Mungkin si dewi lupa kali alamat gw, makanya telat datengnya (pake nyasar dulu). J
Deg-degan… soalnya gw harus bisa ngerayu nih bencong biar gw bisa minjem tuh bassnya. Pas dia minta sumbangan ke gw, sambil gemeteran gw tanya aja. “om, boleh ga bassnya saya pinjem?”. “preett!!!” (kali ini pake suara bencong). Terpaksa pake jurus andelan anak kecil : NANGIS. Beneran ampuh sih, tapi ga gratis, gw harus ngerelain duit 50 ribu rupiah yang selama ini gw tabung (sisa-sisa dari uang ongkos gw yang harusnya naek bajaj tapi malah naek bis).
Singkat cerita, ujiannya dah selesai. Gw sukses diketawain temen-temen sekampung plus dinasehatin guru kesenian gw, “Ira, suara kamu sudah bagus. Tapi yang kamu bawa itu bukan alat musik. Mengerti kamu??”. “ngerti pak!”. “satu lagi yang lebih penting : harga 50 ribu terlalu mahal tuh. Lain kali kamu beli sama bapak aja y! buat murid bapak, bapak kasih diskon jadi 30 ribu”. “&@)(%#(*%*&#(“
Ternyata, tak disangka tak diduga. Pas gw lagi transaksi sama tuh bencong di bis, guru kesenian gw duduk pas di belakang gw. TENGSIN DUA BELAS!!!!
so, jadi begitulah awal mula gw jadi pemaen bass. walopun awalnya cuma bass betot, tapi gw suka banget sama karakter suara bass : nyentrik abiss.!! hehe


Tidak ada komentar:

Posting Komentar